Minggu, 06 Februari 2011

Studi Action Research mengenai pengaplikasian Senayan Library Management System sebagai Teknologi Pengelolaan Koleksi di Perpustakaan

RANCANG BANGUN SISTEM OTOMASI PERPUSTAKAAN
( Studi Action Research mengenai pengaplikasian Senayan Library Management System sebagai Teknologi Pengelolaan Koleksi di Perpustakaan )

judul itu yang kini terngiang-ngiang di benak saya.
coba kita sedikit menguraikan aspek2 yang ada, dalam judul tersebut. judul ini terdiri dari dua rangkaian kata yaitu sistem otomasi dan pengelolaan koleksi. sistem otomasi perpustakaan sendiri atau lebih tepatnya otomatisasi perpustakaan adalah seperangkat aplikasi komputer untuk kegiatan di perpustakaan yang terutamakan bercirikan penggunann pangkalan data ukuran besar, dan kandungan cantuman tekstual yang dominan, dan dengan fasilitas utama dalam hal menyimpan, menemukan, dan menyajikan informasi ( Pendit, 2008;222 ). sedangkan pengelolaan koleksi itu terkait dengan bagaimana kegiatan perpustakaan yang berhubungan dengan koleksi perpustakaan itu sendiri, ketika dikaitkan dengan prinsip dasar dari otomasi perpustakaan yang berkaitan dengan menyimpan, menemukan, dan menjikan. pengelolaan koleksi perpustakaan dapat diartikan dengan kegiatan mengolah, sirkulasi, dan temu balik koleksi yang dimiliki perpustakaan. tetapi, pada hakikatnya pengelolaan koleksi atau manajemen koleksi dengan mengadaptasi dari pendapat suslistiyo basuki terdapat lima fase utama, antara lain : pengadaan, pengolahan,pendistribusian, penyimpanan dan perawatan.
dalam pengaplikasian sistem otomasi yang di kaitkan dengan teknologi yang dipakai untuk mengelola koleksi, terdapat hanya 3 bagian yang terpakai dalam cakupan pengelolaan koleksi yaitu pengolahan, pendistribusian, penyimpanan.
otomasi/ otomatisasi pengolahan, yaitu dimana kita sebagai pustakawan mengentri data bibliographis dan data item untuk di masukan ke dalam sebuah database. otomasi/otomatisasi pendistribusian, yaitu dimana kita kita mempublikasikan hasil dari pengolahan koleksi. yang lebih dikenal dengan katalog, tetapi dengan otomasi ini kita lebih mengenalnya dengan Online Public Acsess Catalogue. dalam distribusi ini juga pustakawan dengan otomatis melakukan kegiatan sirkulasi, karena konteksnya distribusi berarti menyebarkan, secara tidak langsung juga melayani. otomasi/ otomatisasi penyimpanan, secara tidak langsung dalam pengolahan data yang sudah di input disimpan dalam database.
oleh karena itu, konsep pengaplikasian ini ketika di kaitkan dengan konsep pengelolaan koleksi. tidak seluruh aspek pengelolaan koleksi tertarik dalam sistem otomasi ini, diakarenakan dalam konsep otomasi itu sendiri fasilitas utamanya adalah dalam hal menyimpan, menemukan, dan menyajikan informasi. tetapi, sistem otomasi ini akan mempermudah pustakawan dalam mengelola koleksi dalam aspek pemenuhan kebutuhan pengguna.

1 komentar:

  1. Mhmm..
    Mw di komen apany mas..?
    Ckckck

    Tp ni tgl di ubah sdkit kalimat pengantar nya udh bisa jadi alasan pemilihan judul di bab 1 skripsi..

    BalasHapus

semoga menjadi sesosok inspirasi dalam hidup anda

WARNING !!

PLAGIAT ADALAH TINDAKAN YANG BISA MENDAPATKAN SANKSI BACA SENDIRI UU RI No 19 TAHUN 2002 BAB XIII Ketentuan Pidana Pasal 72, APABILA MAU MENGOPI-PASTE TULISAN DISINI GUNAKAN SITASI YANG BAIK DAN BENAR