Kamis, 06 Oktober 2011

Anda tahu saya tidak tahu, dan apakah kita mau berkembang?

Tulisan ini muncul dari sebuah obrolan antara seorang mahasiswa perpustakaan bersama pustakawan dan seorang ahli IT ( mungkin bisa kita bilang profesional ). juga dari hasil melihat kredibilitas mahasiswa perpustakaan di sebuah kota saat ini.
Bagaimana sebenarnya seorang bekerja?pada landasan mana?
Semua orang bekerja dengan lahan yang sudah ada, dan sudah ditetapkan dalam kontrak, dan apabila kerjaannya tidak selalu beres berarti dia tidak membereskan pekerjaan dan dia memakan gaji buta. Apakah di dunia profesionalisme itu seorang manusia TIDAK HARUS BERKEMBANG? Saya pikir itu perlu, dinamika dunia ini berjalan dan terus berjalan, samapi waktu pun berjalan. Lha, sekarang kita lihat TEKNOLOGI pun berkembang begitu pun sebuah perpustakaan, baik itu di bawah sebuah lembaga maupun di luar lembaga. Kenapa? Yah karena semua hal itu tumbuh dan berkembang, seperti halnya kita manusia. Setiap orang itu perlu ada orang lain, sebuah team work tepatnya ( kaitan pada hal organisasi).
Saya semakin rancu dengan dunia ke profesinalitasan, masih adakah sebuah profesional yang idealis? Masih adakah sebuah profesional yang mau berkembang?
Kiita bekerja apakah itu untuk UANG?mungkin uang tersebut menjamin soal hidup kita, tapi sekarang kita pikir ulang kembali, apakah lebih penting UANG atau ILMU?
UANG adalah sebuah benda yang memiliki nilai jual, sedangkan..
ILMU adalah sebuah hal yang tidak memiliki nilai jual….
Mungkin persepsi diatas yang dapat membeli segala hal, termasuk harga diri!!
Apakah di INDONESIA masih ada orang yang menghargai perpustakaan, padahal disitu banyak sekali ILMU yang bisa menghasilkan UANG, lha toh??
Apakah perpustakaan tidak boleh berjejaring, apakah perpustakaan tidak boleh eksis?
Ini zaman edan bung, kalo di INDONESIA ini zaman reformasi, dan kalo di AMERIKA ini zaman liberalisme.
Ternyata memang benar, profesionalitas itu berhubungan dengan karakter. Bukan karena UANG, kenapa? Karena coba tengok makna profesional
Seorang profesional adalah seseorang yang menawarkan jasa atau layanan sesuai dengan protokol dan peraturan dalam bidang yang dijalaninya dan menerima gajisebagai upah atas jasanya. Orang tersebut juga merupakan anggota suatu entitas atau organisasi yang didirikan seusai dengan hukum di sebuah negara atau wilayah. Meskipun begitu, seringkali seseorang yang merupakan ahli dalam suatu bidang juga disebut “profesional” dalam bidangnya meskipun bukan merupakan anggota sebuah entitas yang didirikan dengan sah. Sebagai contoh, dalam dunia olahraga terdapat olahragawan profesional yang merupakan kebalikan dari olahragawan amatir yang bukan berpartisipasi dalam sebuah turnamen/kompetisi demi uang.
Yah, sekarang kita pikirkan bersama dan kita renungkan.
Apa yang anda cari?
Apa tujuan anda?
Semuanya terserah anda, dan keputusan di tangan anda, siapkah anda berkembang atau siapkah anda terpuruk!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

semoga menjadi sesosok inspirasi dalam hidup anda

WARNING !!

PLAGIAT ADALAH TINDAKAN YANG BISA MENDAPATKAN SANKSI BACA SENDIRI UU RI No 19 TAHUN 2002 BAB XIII Ketentuan Pidana Pasal 72, APABILA MAU MENGOPI-PASTE TULISAN DISINI GUNAKAN SITASI YANG BAIK DAN BENAR